Ini Dia Kelalaian Yang Sering Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic, Anda Patut Waspada!

12 September 2022

Safety Drive


Ketika kita berkendara menggunakan mobil, resiko mengalami kecelakaan bukan lah suatu hal yang bisa kita hindari. Maka dari itu, penting bagi anda yang sering berkendara, agar sebaiknya memiliki asuransi kecelakaan sehingga anda dapat terlindung dari kerugian finansial disaat kondisi itu terjadi. Sebenarnya baik mobil dengan transmisi matic ataupun manual sama-sama berisiko mengalami kecelakaan, namun bisa dilihat ternyata kecelakaan mobil matic lebih banyak dan sering terjadi. Hal ini biasa disebabkan karena kelalaian pada pengguna mobil matic yang menyebabkan kecelakaan, seperti salah menginjak pedal gas dll. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Tidak masuk gigi netral saat berhenti

Ketika di lampu merah sangat disarankan bagi anda agar menggunakan gigi netral saat berada di lampu merah ataupun di kemacetan. Mengapa demikian? karena, jika anda terus menggunakan rem pada saat kondisi tersebut, maka hal itu dapat mempercepat keausan kampas rem mobil. Tidak hanya itu, menggunakan rem kaki pada saat tersebut juga berisiko menyebabkan kecelakaan seperti menabrak mobil di depan Anda. Hal ini biasanya terjadi jika anda tanpa sadar melepaskan rem dari injakan kaki anda karena terfokus pada hal lainnya. Padahal pada mobil matic, ketika kita melepaskan rem maka mobil akan melaju dengan kecepatan rendah meskipun pedal gas tidak diinjak.

  1. Salah menginjak pedal

Salah menginjak pedal biasanya sering sekali terjadi pada orang yang baru belajar mengendarai mobil atau orang yang terbiasa mengendarai mobil matic dengan menggunakan 2 kaki. Pada orang yang baru belajar mengendarai mobil, reflek yang dimiliki masih sangat rendah, sehingga ini mengakibatkan risiko salah menginjak pedal akan semakin besar. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang mengendarai mobil matic dengan 2 kaki. Ketika kondisi tidak terduga terjadi, banyak yang panik dan salah menginjak gas sementara yang sebenarnya dibutuhkan adalah pedal rem. Akibatnya, mobil justru melaju secara maksimal dan menghantam apapun yang ada di depannya.

 

  1. Salah masuk gigi

Gigi pada setiap mobil sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda, termasuk juga pada mobil matic. Namun yang perlu anda waspadai, adalah ketika anda melakukan perpindahan gigi pada mobil matic yang sangat mudah, dan  berbeda dengan mobil manual yang membutuhkan pola khusus untuk memindahkannya. Hal ini seringkali membuat pengendara mobil matic tidak sadar ketika gigi pada mobilnya telah berpindah secara tidak sengaja karena tersenggol. Maka dari itu, sebelum melepas pedal rem dan menginjak pedal gas, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa gigi sudah berada di posisi yang benar.

image-iklan