Ini Dia Bahayanya Jika Tak Ganti Karet Wiper, Rugi Nya Bisa Dua Kali Lipat!

29 November 2022

Bodi


Mengemudi mobil disaat cuaca hujan seperti ini menjadikan wiper memiliki peran yang sangat penting. Bagi pemilik mobil, perawatan wiper adalah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Pada saat musim hujan seperti ini bila komponen karet pada wiper sudah rusak, maka ini pantang untuk digunakan.   Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan untuk mengganti karet wiper, salah satunya ketika sudah muncul suara berdecit, ada bekas air di kaca, dan gerakkan yang tidak normal. 

Jika anda telat mengganti dan membiarkan karet yang getas hal ini akan sangat berisiko. Kaca bisa buram, baret, dan bekas kerusakan tersebut sulit dihilangkan.  Karet wiper getas menyebabkan hasil pembersihan masih berbekas sehingga, air yang menempel akan sulit disapu. Serta bisa juga karet yang mengeras menyebabkan kaca buram jika digunakan.

Apabila lapisan kaca anda sudah baret, maka ini akan sangat sulit dihilangkan, tentu saja bekas kerusakan bisa permanen dan satu satunya solusi adalah hanya dengan dilakukan pergantian dengan lapisan kaca baru. 

Penyebab utama karet wiper bisa mengeras dan kendor,  yaitu disebabkan oleh jamur serta kerak yang tumbuh subur pada wiper.  Hal ini bisa timbul dikarenakan mobil sering dijemur di bawah terik matahari langsung, sehingga elastisitas karet wiper jadi gampang sekali berubah. Komponen dari wiper sendiri sebenarnya sangat sensitif terkena kotoran debu dan pasir. Apalagi jika kondisinya getas, yang menyebabkan pori-pori tercipta alami jadi jalan masuknya kotoran.  Selain itu, wiper juga sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Pergantian cuaca hujan, panas, dan lembab bisa menyebabkan struktur karet gampang berubah dan ini bisa menimbulkan banyak kerusakan pada kaca.

Jangan Lupa Terus Gunakan Montiro.id untuk mengetahui berbagai informasi menarik mengenai otomotif lainnya. Selain itu anda juga bisa menggunakan layanan kami seperti Booking Servis untuk mengatur jadwal kunjungan anda ke bengkel, atau jika anda masih ragu untuk datang ke bengkel gunakan fitur Chat Montir & Tanya Montir Dari Montiro.id yang kini sudah bisa anda di download di Playstore & Appstore!

image-iklan