Daftar mobil listrik di Indonesia, Dari harga termurah hingga harga selangit!

4 April 2022

Safety Drive


Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 kini telah mendorong beberapa brand otomotif untuk menghadirkan mobil listrik, mulai dari kendaraan niaga hingga SUV. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa harga kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong mahal jika dibandingkan mobil dengan mesin pembakaran internal.

Di Indonesia Saat ini sedikitnya ada lima mobil listrik yang sudah dipasarkan, dari beberapa merek Jepang hingga Tiongkok. 

Berikut adalah daftar harga mobil listrik yang resmi dijual di Indonesia, dari yang termurah hingga paling mahal:

  1. DFSK Gelora E


    See the source image

Sumber: electricvehicleweb.in

Untuk saat ini DFSK Gelora E merupakan mobil listrik termurah yang ada di Indonesia. Mobil niaga tersebut dibanderol dengan harga Rp 480 juta untuk tipe Blind Van atau Rp 510 juta untuk varian Mini Bus. DFSK Gelora E ini menawarkan sebuah kepraktisan serta multi fungsi dengan harga yang relatif lebih murah dari para pesaingnya. Untuk tipe Mini Bus sendiri ia bisa menampung tujuh penumpang, sementara untuk model Blind Van ia mempunyai volume kargo hingga 4.8 m3.

Untuk Fitur lainnya, DFSK Gelora E ini memiliki fitur kenyamanan serta keselamatan yang mencakup AC, power windowhead unit 8 inci, tuas transmisi model kenob, speedometer dengan MID, kamera mundur, ABS, EBD, serta sensor parkir belakang. Motor listrik bawaannya mempunyai daya pacu sebesar 82 hp dengan torsi maksimal 200 Nm. Baterai yang digunakan nya pun berukuran 42 kWh sehingga ini membuat mobil DFSK Gelora E bisa menempuh jarak sekitar 300 km atau lebih.

  1. Hyundari Ioniq

    See the source image

Sumber: highmotor.com

Untuk mobil jenis Ioniq, Hyundai menyediakan dua model mobil, dimana Tipe terendah adalah Ioniq Prime seharga Rp 637 juta, dan untuk varian termahalnya, Hyundai menawarkan jenis mobil Ioniq Siqnature yang dibanderol  dengan harga Rp 677 juta.

Perbedaan yang sangat signifikan antara Ioniq tipe Prime dengan Signature yaitu berada pada fitur-fitur di eksterior dan interiornya. Dimana pada Ioniq Signature, lampu depan sudah LED dan ada sunroof di atapnya. Sedangkan untuk Ioniq Prime, karena harganya lebih rendah, lampu masih halogen, serta di atapnya masih polos.

Interior kedua mobil ini pun memiliki perbedaan masing-masing. Di Ioniq Signature, kursi depan sudah elektrik dengan memory seat, pendingin kursi, dan ambient lighting. Sedangan fitur-fitur Ioniq Prime yang juga tersedia di tipe Signature adalah cruise control, keyless entry, pemanas kursi, speedometer digital, dan jok kulit.

Sistem keselamatan Ioniq Signature juga lebih lengkap, mereka telah menyediakan perangkat seperti Blind-spot, komCollision Warning (BCW) dan Rear-Cross. Traffic Collision Warning (RCCW) tidak ditemukan pada Ioniq Prime. Namun Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), dan 7 airbags ada di kedua varian.

Jantung pacu elektriknya menghasilkan tenaga 139hp dengan torsi 295Nm. Dalam hal ini juga Hyundai menyematkan baterai  38,3kWh dan mengklaim bahwa mobil ini sanggup menjelajah sejauh 373 km. 

  1. Nissan LEAF


See the source image

Sumber: carfax

Urutan ketiga dari mobil listrik yang ada di Indonesia adalah Nissan yang turut juga meramaikan pasar mobil listrik dengan peluncuran resmi Nissan LEAF terbaru pada pertengahan Agustus 2021 lalu. Mobil tersebut diberi harga Rp 649 juta untuk warna single tone atau Rp 651 juta untuk warna dual tone. Harga tersebut berada di antara kedua model Hyundai Ioniq. Untuk Nissan sendiri ia memberikan berbagai fitur kenyamanan seperti lampu depan dan belakang LED, jok kulit, pemanas kursi, cruise controlkeyless entry, speedometer kombinasi digital, serta head unit canggih.

Sementara perangkat keselamatan mencakup sistem Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Electronic Stability Control (ESC),  Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), dan kamera 360 derajat.

Nissan menyematkan motor listrik dengan total output 148hp dan torsi maksimal 320Nm. Dengan baterai 40kWh, sehingga mobil ini bisa menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya. Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7.9 detik. 

  1. Hyundai Kona Electric

image-iklan