Cara Memperbaiki Gardan Mobil yang Bunyi atau Rusak

13 March 2023

Sasis


Dalam mobil, terdapat komponen yang tidak kalah pentingnya dari komponen lainnya, yaitu komponen gardan. Gardan mobil berfungsi dalam sistem penggerak, yaitu sebagai poros putar antara ban kiri dan kanan saat mobil ingin berbelok.

Namun, tidak jarang juga bagian gardan mobil mengeluarkan bunyi dengung. Hal ini merupakan hal yang tidak wajar. Sehingga jika muncul bunyi dengung pada gardan perlu diwaspadai adanya masalah pada komponen tertentu. Sehingga perlu segera diperbaiki. Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara memperbaiki gardan yang bunyi atau berdengung.

Penyebab Gardan Bunyi

Ketika bekerja, bagian gardan mobil umumnya akan bekerja secara mulus tanpa adanya suara. Namun, jika Anda mendengar bunyi dengung dari gardan mobil, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa gardan mengalami masalah pada bagian komponennya. Gardan yang berbunyi atau berdengung jika dibiarkan maka dapat mengganggu kinerja mobil.

Sumber: Lifepal

Umumnya, penyebab munculnya bunyi dengung pada gardan mobil terjadi karena adanya bagian yang rusak atau aus pada ring-ring gardan dan bantalannya. Bunyi yang timbul pada bagian gardan juga bisa menjadi tanda terdapat gigi pinion yang renggang serta perlu disetel kembali.

Lambat laun jika hal ini dibiarkan begitu saja maka dapat menyebabkan keausan yang lebih parah dan bunyi dengungan dapat berubah menjadi menggeram. Hal ini merupakan tanda bahwa telah terjadi kerusakan yang parah.

Ciri Gardan Mobil Rusak

Munculnya bunyi dengung pada gardan mobil, dapat menjadi salah satu ciri bahwa bagian tersebut mengalami kerusakan. Selain itu, ada beberapa ciri yang lain dan menunjukkan bahwa terjadi kerusakan pada gardan mobil, diantaranya sebagai berikut.

1.    Kebocoran Oli Gardan

Ciri pertama yang dapat menjadi tanda bahwa terjadi kerusakan pada gardan mobil adalah adanya kebocoran pada oli gardan. Biasanya hal ini dapat terjadi karena baut tap oli gardan tidak terpasang dengan kencang. Selain itu, bisa juga disebabkan karena mesin sudah aus sehingga perlu dilakukan penggantian. Jika hal tersebut tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan oli akan menjadi rembes secara terus menerus.

Sumber: Honda Outside Java

2.    Muncul Bunyi Dengung

Ciri yang paling umum dan menunjukkan bahwa gardan mobil rusak adalah munculnya bunyi dengung saat mobil dioperasikan. Jika Anda mengalami hal ini ketika berkendara, maka yang perlu Anda lakukan adalah mematikan perangkat audio terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa membuka kaca mobil dan merapat ke tempat sepi.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan apakah suara dengung tersebut berasal dari gardan atau tidak. Jika bunyi dengung masih terdengar, maka dapat dipastikan bahwa terjadi masalah pada bagian gardan mobil Anda.

Sumber: Momobil.id

3.    Timbul Getaran

Ciri selanjutnya yang menjadi tanda bahwa gardan mobil Anda mengalami kerusakan adalah timbul getaran pada gardan saat mobil sedang dioperasikan. Jika timbul tanda seperti ini, umumnya terjadi kerusakan pada bagian leher gargan dan bisa juga disebabkan gigi atau gear gardan yang ambrol.

Benturan dan pemakaian bahan yang tidak berkualitas serta memenuhi standar dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kerusakan dan munculnya getaran. Untuk menghindari terjadinya hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan rutin dan berkala. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah maupun di bengkel.

Untuk memudahkan Anda dalam menemukan bengkel yang profesional dan terdekat di wilayah Anda, Anda bisa gunakan aplikasi Montiro.Id. Platform ini menyediakan banyak fitur menarik di dalamnya, seperti chat montir dan juga booking online. Jadi, dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda akan semakin mudah melakukan perawatan pada mobil Anda. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk menunda melakukan service rutin mobil Anda.

Cara Hilangkan Bunyi Dengung

Jika mobil Anda mengalami salah satu tanda seperti terdengar bunyi dengung dari gardan mobil, terjadi kebocoran pada oli gardan, dan timbul getaran, maka dapat dipastikan bahwa bagian gardan mobil Anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penanganan yang tepat.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu menghilangkan bunyi dengung sementara dan yang kedua melakukan perbaikan sehingga bunyi dengung dan tanda kerusakan lainnya bisa hilang.

Berikut ini dua cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bunyi dengung dan memperbaiki gardan yang rusak.

1.    Gunakan Oli Kental

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bunyi dengung adalah dengan menggunakan oli kental. Cara ini merupakan upaya pensiasatan sementara jika kerusakan bunyi dengung belum terlalu parah, dan mobil masih bisa beroperasi dengan baik.

Cara ini bisa Anda gunakan pada kendaraan yang mengalami cacat komponen gigi crown dan pinion, namun masih bisa dipertahankan kegunaannya untuk beberapa waktu. Anda bisa menghilangkan bunyi dengung dengan cara menggunakan oli yang kental. Anda juga bisa menambahkan stempet atau grease, agar tekstur oli semakin kental.

Namun, yang perlu Anda ingat bahwa cara ini merupakan cara sementara untuk mengatasi gardan mobil yang berdengung. Jika cara ini telah Anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa melakukan cara selanjutnya.

2.    Bongkar Gardan

Cara selanjutnya dan merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan bunyi dengung adalah dengan membongkar bagian gardan. Dengan cara ini, maka Anda dapat mengetahui secara spesifik komponen mana dari gardan yang mengalami kerusakan secara pasti.

Sehingga, jika Anda menemukan kerusakan atau komponen sudah aus, maka bisa segera dilakukan penggantian komponen. Dan jika bunyi dengung tersebut disebabkan karena adanya komponen yang longgar, maka Anda bisa segera melakukan penyetelan ulang pada komponen gigi pinion dan crown wheel.

Selain itu, komponen gardan yang umumnya mengalami aus adalah side gear dan leher-leher gardan. Dibutuhkan ketelitian tinggi untuk menyetel kerenggangan giginya agar tidak mudah mengalami rompal. Jika kerusakan yang terjadi pada gardan mobil Anda sudah cukup parah maka Anda bisa mengganti semua komponen yang ada pada gardan mobil Anda.

Biaya Perbaikan Gardan Mobil

Cara untuk memperbaiki gardan mobil yang rusak atau mengeluarkan bunyi dengung sebenarnya sangat kompleks. Sehingga jika Anda tidak terbiasa melakukannya, maka sebaiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Umumnya, biaya perbaikan gardan mobil tergolong cukup mahal. Namun, hal itu juga tergantung dari bagaimana kerusakan yang terjadi, tipe mobil hingga komponen mana saja yang bermasalah. Kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan untuk memperbaiki gardan mobil Anda bagian depan adalah sekitar Rp3-4 juta. Sedangkan untuk perbaikan gardan bagian belakang biaya service mobilnya sekitar Rp2-3 juta.

Perbaikan gardan depan cenderung lebih mahal karena pengerjaannya yang lebih komplek jika dibandingkan dengan gardan bagian belakang. Selain itu, proses perbaikan gardan mobil ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1-2 minggu pengerjaan.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil. Bunyi dengung tersebut dapat timbul karena komponen gardan yang aus atau rusak. Sehingga perlu segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah dan mengganggu kinerja mobil.

image-iklan