Begini Cara Perbaiki Door Lock Mobil Yang Bermasalah

5 September 2022

Bodi


Sekarang ini teknologi pengembangan keselamatan di mobil terus meningkat sangat pesat. Banyak pabrikan mobil yang kini sudah menjadikan fitur keselamatan sebagai standar untuk mobil, salah satunya adalah fitur door lock. Namun, meskipun begitu pasti ada kalanya door lock mengalami kerusakan yang tiba-tiba, maka dari itu anda sebagai pengendara mobil perlu mengetahui bagaimana cara melakukan perbaikan atau penanganan daruratnya. Umumnya, kerusakan pada door lock mobil dapat diakibatkan oleh putusnya kawat penghubung yang ada di dalamnya. Nah bagaimana cara penangannya? Berikut cara memperbaiki door lock dari Montiro.id :

  1. Memeriksa Kawat Penghubung

Karena penyebab door lock pintu mobil rusak bisa terjadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Maka dari itu, good drivers disarankan agar memeriksa bagian kawat dengan cermat. Jika ada bagian kawat yang putus, maka solusinya adalah harus menggantinya dengan kawat yang baru. Kawat penghubung yang putus ini sebenarnya bisa diganti sendiri. Biasanya untuk menemukan kawat dengan jenis yang sama, pemilik diharuskan membawa kawat yang putus tersebut ke bengkel resmi dari mobil good drivers semua.

Namun, berbeda halnya jika kawat penghubung hanya terpotong di bagian ujungnya, maka anda bisa meregangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

  1. Pemeriksaan Sekring

Lalu untuk cara yang kedua adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukan hal ini, anda membutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik. Karena semestinya agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula. Maka jika sekring mengalami kerusakan seperti aliran yang tersalurkan tidak optimal, maka door lock pintu mobil juga tidak akan berfungsi. Untuk menangani hal ini, sebaiknya good drivers menyerahkannya kepada tenaga ahli saja.

  1. Periksa Bagian Modul

Elemen penting yang menjadi salah satu penunjang pengoperasian door lock  pintu mobil adalah bagian modul nya. Elemen ini berfungsi mengontrol proses pembukaan atau penguncian pintu mobil secara otomatis. Jika elemen modul tidak berfungsi dengan baik, maka door lock pintu mobil juga tidak akan berfungsi, dan ini harus segera diperbaiki.

Namun, jika remote mobil masih bisa dioperasikan, artinya masih ada aliran listrik yang mengalir pada mobil sehingga bisa dipastikan bahwa masalah door lock pintu mobil bukan terjadi karena ada kerusakan pada modul nya.

  1. Periksa Suku Cadang Motor Penggerak

Dan yang terakhir cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak adalah dengan memeriksa bagian motor penggerak. Bagian ini dapat secara otomatis menarik kunci pintu, karena ketika dioperasikan untuk mengunci, maka akan muncul magnet yang kemudian akan mengunci pintu mobil karena plunger ditarik oleh magnet. Jika bagian ini rusak, maka jelas pintu mobil tidak akan dapat terkunci dengan baik. Maka dari itu, good drivers harus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk menghindari terjadinya hal ini.

image-iklan