6 Penyebab Mobil Overheat!

9 March 2022

Mesin


Mesin mobil yang cepat panas bisa menimbulkan kerusakan padakomponen-komponen mobil.  Salah satudampak terbesarnya menyebakan mesin mobil tiba-tiba mati. Mesin mobil yangcepat panas biasanya disebabkan karena pengguna jarang merawat mobil tersebut.Berikut adalah beberapa penyebab mobil menjadi cepat panas :

1.Menurunnya Kualitas Oli

Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas komponen dalammesin dan juga sebagai pendingin. Jika kualitas oli mesin menurun, maka dapatterjadi overheat jika terjadi gesekan antar komponen. Oli mesin juga dapatmenguap saat bersinggungan langsung dengan ruang pembakaran.

2. Sirkulasi Air dalam Radiator Bermasalah

Setiap radiator harus memiliki sirkulasi yang lancer, jikaterhambat maka akan mengganggu jalannya air radiator. Ketika sirkulasiterhambat, radiator tidak dapat bekerja untuk mendinginkan mesin mobil ketikadikendarai, dapat menyebabkan overheat pada mobil.

3. Salah Menggunakan Cairan Radiator

Tidak menggunakan cairan radiator yang tepat dapatmenyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas. Cairan radiator yang tidak depatdapat menimbulkan kotoran dan endapan sehingga menyumbat saluran radiator.Sebaiknya anda menghindari menggunakan air biasa dan menggunakan cairan yangmengandung coolant, sehingga radiatordapat bekerja dengan baik.

4. Kebocoran pada Selang Radiator

Kebocoran pada selang radiator membuat air radiator menjadicepat habis sehingga coolant tidakdapat bekerja untuk mendinginkan mesin.

5. Kerusakan pada Water Pump

Dalam radiator, terdapat komponen yang bernama water pump. Komponen ini berfungsisebagai pompa air sehingga sirkulasi berjalan baik. Water Pump membuat air mampu berputar diseluruh radiator. Jika water pump rusak, maka water pump tidak dapat memompa water coolant  ke seluruh bagian radiator, jika terjadi dalamjangka panjang dapat mebuat radiator menjadirusak dan mobil menjadi overheat.

6. Kipas Radiator Mati

Kipas Radiator / ViscoFan merupakan komponen yang terletak di belakang radiator dan di sebelahkipas putaran mesin. Fungsi utama dari kipas radiator adalah untuk membuangudara panas yang keluar dari mesin. Kerusakan kipas radiator disebabkan karenakipas belt putus, sehingga ketika kipas rusak, maka terjadi masalah pada sinyalyang dikirim ke electric control unit.

 

Jadi jangan lupa untuk merawat mobil kamu dan memperhatikanmasing-masing komponen agar mobil kamu tidak overheat. Kamu juga dapatmelakukan perawatan pada mobil kamu dengan booking servis di Montiro.id!

image-iklan