5 Mitos Tentang Perawatan Mobil Dan Begini Faktanya

17 February 2022

Safety Drive


Seringkalikita melakukan berbagai macam cara agar mobil yang kita miliki bisa berumurPanjang dan tetap enak digunakan ketika kita akan melakukan perjalanan yang[C1] jarak tempuhnya cukup jauh. Melakukan servis rutin dan mengikuti tips-tips yangberedar di internet mungkin merupakan salah satu usaha kita dalam melakukanperawatan yang terbaik untuk mobil kita. Namun sayangnya saat kita melakukanperawatan untuk kendaraan kita banyak sekali mitos-mitos yang beredar dan masihdipercaya kebanyakan orang.

Pemilikmobil yang telaten tentunya ingin mobil yang mereka miliki selalu dalam kondisiyang prima, Maka tips-tips terkait perawatan mobil tentunya sangat dibutuhkanagar kita bisa aware pada kondisi mobil yang kita miliki, lalu apa ajasih Mitos tentang perawatan Mobil dan bagaimana Fakta sebenarnya ? Yukkita bahas ...

 

1.      GantiOli Mesin Setiap 5.000 Kilometer? Mitos!

Mungkinjika anda hidup di tahun 1970-an hal ini tentunya dibenarkan jika andadiharuskan mengganti oli mesin mobil anda setiap 5.000 kilometer, namun seiringperkembangan jaman dan semua hal makin maju, oli mesin sintetisMobil 1™ tentu dapat memperpanjang jarak penggantian oli dan membuat performamesin tetap seperti baru sampai dengan 10.000 km. Hal ini dibuktikan dengankualitas oli yang semakin hari semakin bagus pula tentunya. Dengan racikan kimia yang tepat, pabrik pelumaskini memproduksi oli sintetik yang dirancang untuk mesin dengan tingkat presisitinggi. Konon sekarang Oli keluaran terbaru sanggup digunakan hingga 12 ribukilometer. Hal Ini tentu saja membuat periode pergantian oli bisa semakin lamadan bisa menghemat pengeluaran rutin untuk perawatan kendaraan.

 

2.      Matikan AC Mobil Bikin Mobil Lebih Bertenaga ? Mitos!

Untuk Mitos dan fakta seputar mobil selanjutnyaadalah masih banyak orang yang percaya bahwa dengan mematikan AC Mobil akanmembuat performa mobil anda lebih bagus, hal ini tentu saja adalah Mitoskarena dengan mematikan atau menyalakan AC Mobil tidak akan mempengaruhikinerja kendaraan anda. Pada saat ini Mobil modern umumnya telah menggunakan sistemkomputer yang sudah memiliki program atau algoritmanya sendiri  untuk menyesuaikan kondisi berkendara aktualberdasarkan data dari sensor yang ada di kendaraan. Jadi jika ada yang bilangdengan mematikan AC akan meningkatkan performa kendaraan anda, hal ini tidaksepenuhnya dibenarkan.

 

3.     Suara Pekikan Rem Mobil adalah Ciri Mesin Yang Bermasalah ? Fakta!

Suarapekikan pada rem mobil anda ini menandakan bahwa pedal rem mobil anda sudah Aus!Hal ini menyebabkan indikator  rem sudahmulai bergesekan dengan rotor. Selain itu suara pekikan yang muncul Ketika andamengerem mobil juga bisa disebabkan dari getaran yang berlebihan pada mesinmobil, hal ini tentunya sangat wajib untuk anda membawa mobil anda ke bengkel!

 

4.     Mesin Harus Dipanaskan Sebelum Digunakan? Mitos!

Kitaseringkali melihat seseorang di pagi hari yang akan pergi bekerja danberkendara pasti memanaskan mobilnya dahulu sebelum pergi. Jika rutinitas inimasih anda jalankan dengan rentang waktu memanaskan mobil 3 sampai 5 menit, halini tentunya hanya buang-buang bensin saja, karena pada dasarnya mesin mobilmodern di jaman sekarang akan cepat panas saat digunakan berkendara. Namun,tentu saja sebelum Anda memacu mobil anda, harus pastikan dahulu mesin mobilsudah diberi perlindungan yang terbaik. Seperti, Oli mesin Mobil 1™ dapatmengalir pada suhu rendah sampai dengan -40ºC. Hal ini dapat membantumengurangi keausan dengan melapisi komponen-komponen mesin yang penting. Iniartinya, oli Mobil 1™ melindungi mesin mobil Anda dari mulai mesin dihidupkan.

 

5.     Mengisi Bensin Di Pagi Hari Biasanya Lebih“Kental”? Mitos!

Dahulubanyak orang yang percaya bahwa dengan mengisi bensin harus di pagi hari,karena mereka beranggapan bensin di pagi hari akan jauh lebih “Kental” daribiasanya, sehingga Ketika udara memanas bensin akan mencair dan kita akanmendapatkan bensin yang jauh lebih banyak. Sayangnya, Hal ini tentu sajahanya Mitos belaka. Bensin tidak bisa mengental dan mencair begitu sajaseperti cairan lainnya. Hal ini juga berlaku untuk orang yang selalumenggoyangkan mobil Ketika sedang mengisi bensin agar bensin terisi lebihbanyak, tentu saja ini juga Mitos belaka. Faktanya kelebihan bensin akanmembuat membuat bensin yang anda isi mengalir masuk dan merusak arang tabung(charcoal canister), atau bisa saja mengalir kembali ke tangki pom. Tentunyaselain membuang energi anda hal ini juga akan membuat anda rugi bukan?

Selain ke-5 Fakta danmitos yang sudah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi mitos ataupunfakta seputar perawatan mobil yang beredar di masyarakat, hal ini tentunyatidak perlu anda percayai sepenuhnya, jika memang mobil anda mengalami berbagai gangguan dan membuatanda tidak nyaman saat berkendara segeralah bawa mobil anda ke bengkel, dantentunya selalu melakukan servis rutin ke bengkel yang terpercaya agarperawatan mobil dan performa mobil anda tetap terjaga, serta selalu cekkebenaran tips-tips yang Anda dapat pada mekanik kepercayaan Anda.

Namun, saat ini kitatidak perlu repot-repot untuk datang ke bengkel untuk bertanya soal kondisikendaraan kita, Melalui fitur Chat Montir di Mobile App “Montiro.id” kamu bisakonsultasi dengan berbagai montir yang terpercaya untuk berkonsultasi mengenaimasalah mobil kamu, segera download aplikasi “Montiro.id” agar kamu bisamenikmati kemudahan service mobil kamu hanya dengan genggaman mu! Montiro.idsudah tersedia di Playstore dan App store loh …

 

image-iklan