4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Montir Online

6 December 2022

Safety Drive


Menggunakan aplikasi montir online memiliki banyak keuntungan bagi pemilik kendaraan, salah satunya montir bisa datang ke rumah dan kita bisa atur jadwal servis. Apalagi di saat emergency seperti saat mobil mogok di jalan. Karena jika dibandingkan dengan bengkel mobil biasa, maka home service mobil  jauh memberikan keuntungan.

Sumber: Montiro.id

Melalui aplikasi montir online, bahkan pemilik kendaraan kini bisa melihat daftar bengkel terdekat yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Cara ini tentu saja jelas memudahkan pemilik mobil untuk melakukan perawatan.

Berikut 4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Montir Online

1.Jenis Layanan Beragam

Biasanya di aplikasi montir online memberikan layanan servis yang beragam, mulai dari service berkala, service umum, ganti sparepart, detailing dan emergency. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan masalah seputar sparepart mobil kamu.

Biasanya bengkel-bengkel yang memiliki layanan online menyediakan sparepart asli dari dealer dengan harga yang terjangkau. Segala macam suku cadang asli bisa kamu dapatkan yang mencakup beberapa unit seperti AC, Aki, Oli, ban, kaca, dan sebagainya.

2.Biaya Servis di Montir Online Harganya Dapat Dipantau

Biaya kerap kali menjadi salah satu penghadang bagi pemilik mobil yang akan melakukan perawatan kendaraan, khususnya mobil. Apalagi, jika sekali servis bisa menghabiskan ratusan ribu rupiah.

Apalagi, jika bertemu dengan bengkel-bengkel yang nakal dan bahkan seenaknya saja memainkan harga. Biaya servis mobil akan membuat dompet kamu menjadi terkuras.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi pemilik mobil yang memesan layanan servis dengan menggunakan aplikasi bengkel secara online. Melalui aplikasi, kamu bisa memantau biaya servis yang dikeluarkan. Apakah memang sesuai dengan perawatan yang akan dilakukan atau tidak.

3.Layanan Berstandar

Selain kemampuan montir atau mekanik, tentu mekanisme pengerjaan harus diperhatikan. Seperti layaknya bengkel mobil besar, montir online yang ada di aplikasi biasanya telah memiliki SOP yang jelas. Mulai dari menerima permintaan, waktu kedatangan, lama pengerjaan, hingga formulir service checklist. Untuk kenyamanan para pelanggan, montir.id juga mempersiapkan sistem pengaduan dengan jelas.

Untuk menjamin kepercayaan pelanggan, pembuat aplikasi biasanya akan bekerjasama dengan bengkel-bengkel mobil yang berkualitas. Mulai dari perlengkapan, operasional pengerjaan, hingga mekanik atau montir yang sudah berpengalaman dan profesional.

Pelayanan dari aplikasi tentunya akan membuat pelanggan pun melihat standar dari bengkel-bengkel yang melayani perawatan mobil secara online.

Inilah yang menjadi pembeda antara montir online abal-abal dengan montir online terpercaya.

Layanan aplikasi dan montir online yang baik memiliki layanan dan penanganan tidak asal-asalan karena teknisi atau montir berpengalaman.

Sebaliknya bengkel tidak berpengalaman bisa saja memberikan layanan yang asal-asalan dan justru tidak memuaskan pelanggan.

Pilihlah aplikasi montir online yang menyediakan layanan bengkel mobil yang memiliki jaminan servis berkualitas. Salah satu cara pengukuran yang bisa dilakukan adalah jaringan bengkel yang disediakan oleh pembuat aplikasi.

Jika layanan aplikasi bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang sudah terjamin dalam memberikan perawatan, kamu bisa langsung menggunakannya.

Pilihan berikutnya, kamu bisa mencari ulasan dari bengkel-bengkel yang ada di layanan aplikasi terlebih dahulu. Cara ini tentunya membantu kamu meyakinkan, apakah akan memesan layanan servis mobil melalui aplikasi.

4.Mudah Diakses

Layanan montir online sangat mudah diakses karena kita hanya butuh smartphone atau perangkat yang mendukung lainnya seperti laptop dan komputer dan internet untuk mengakses montir online tanpa perlu berkunjung ke lokasi bengkel.

Kita juga bisa memilih bengkel mana yang akan kita kunjungi dengan memantau menggunakan smartphone.

Kapan Mobil Harus di Service Secara Berkala?

Service berkala pada mobil harus sesuai dengan ketentuan buku servis mobil. Tanpa buku servis mobil,fasilitas garansi juga terancam hilang.

Perlu diketahui, interval servis berkala dasarnya ditentukan oleh jarak tempuh mobil. Tapi bagi orang yang tinggal di perkotaan, disarankan untuk berpatokan pada waktu.

Sumber: Kompas.com

Mobil lebih baik untuk servis berkala setiap kelipatan 10.000 kilometer. Namun biasanya mobil juga dianjurkan melakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali dengan asumsi menempuh jarak 10.000 kilometer.

Setiap interval service mobil secara berkala ada sejumlah perbedaan perawatan. Berikut rangkaian perawatan service berkala.

1. Service Berkala 10.000 KM

Pada saat mobil berada di kelipatan 10.000 KM, pihak bengkel biasanya menjalani proses pembersihan, pengecekan wajib komponen-komponen mobil seperti cairan oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

Selain itu, mobil juga akan dicek akinya, sistem kemudi, tekanan angin, pembersih filter udara, pengecekan idle mesin dan baut yang ada di roda.

2. Service Berkala 15.000 KM

Service berkala selanjutnya pada saat mobil sudah menempuh 15.000 KM adalah pergantian oli mesin, pengecekan baut kolong mobil, hingga pemeriksaan fluida dan minyak-minyak. Tak ketinggalan, air radiator, suspensi juga menjadi paket service berkala 15.000 KM.

3. Service Berkala 20.000 KM

Servis mobil berkala 20.000 KM, umumnya mobil sudah berusia hampir setahun. Biasanya biaya paket servis mobil berkala ini lebih besar.

Komponen yang akan diperiksa dan dibersihkan lebih banyak, termasuk pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang.

Manfaat Servis Mobil

Melakukan servis mobil punya banyak kelebihan yang wajib diketahui. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan servis rutin pada mobil kesayangan.

  1. Menjaga Garansi

Melakukan servis mobil secara rutin di bengkel resmi ternyata mampu menjaga garansi mobil, lho. Hayoo, siapa nih yang baru tahu soal ini?

Karena jika sewaktu-waktu ada kerusakan, pemilik mobil bisa melakukan klaim dengan syarat selalu melakukan servis di bengkel resmi.

  1. Menjaga Performa Mesin

Servis rutin bisa menjaga performa mesin agar tetap terjaga. Pada saat servis rutin cairan seperti oli mesin, filter oli mesin, dan busi akan diganti dengan yang baru.

Dengan mengganti komponen tersebut tentunya sudah bisa menjaga kondisi mesin agar tetap baik. Itulah mengapa servis rutin sangat disarankan dilakukan setiap 6 bulan sekali walaupun mobil tersebut jarang dipakai.

Namun harus diingat juga untuk mobil yang sering melewati kemacetan tentunya wajib melakukan servis rutin lebih cepat dari yang disarankan. Hal tersebut dikarenakan oli mesin bekerja lebih keras, terutama saat mobil sering dipakai melewati kemacetan.

  1. Konsumsi BBM Irit

Dengan melakukan servis rutin tentunya akan membuat konsumsi BBM mobil menjadi terjaga. Sistem pembakaran di dalam mesin akan selalu optimal jika oli mesin, filter udara, filter oli, dan busi sering dibersihkan.

Jika kamu sedang membutuhkan info montir online terdekat, kamu bisa cek website Montiro.id karena dengan Montiro.id kamu bisa mendapatkan saran mengenai teknis otomotif melalui fitur Chat Montir & Tanya Montir yang tersedia di Aplikasi & Website Montiro.id! Selain itu dengan Montiro.id kamu bisa mengatur jadwal service kamu di bengkel jadi gak perlu repot-repot lagi mengantre karena semua bisa melalui online!

Montiro.id Sudah tersedia di Appstore dan Playstore, Segera Download agar masalah mobil kamu bisa cepat tertangani.

image-iklan