10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

18 April 2023

Bodi


Sebagai salah satu komponen ac mobil, keberadaan evaporator sangatlah penting untuk menjaga kestabilan suhu dingin pada ac mobil. Evaporator  ac mobil berfungsi menyalurkan udara dingin ke seluruh ruangan dalam mobil. Sehingga udara di dalam mobil menjadi nyaman dan sejuk selama perjalanan.

Karena perannya yang begitu penting itulah, evaporator perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya sendiri tidaklah sulit, Anda bisa ikuti caranya dalam artikel ini.

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan evaporator ac mobil:

1. Matikan Mesin Mobil dan Siapkan Alat Pembersih

Pertama yang harus Anda lakukan dalam membersihkan evaporator ac mobil adalah mematikan mesin mobil lalu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Anda bisa gunakan sikat gigi bekas atau brush sebagai alat untuk membersihkan evaporator ac.

Sumber: Lifepal

Pastikan mesin mobil dalam kondisi mati dan sudah dingin, karena Anda harus membongkar mesin mobil tersebut saat membersihkan evaporator ac.

2. Ketahui Letak Evaporator

Sebelum Anda membersihkan evaporator ac mobil ini, pastikan Anda tahu dimana letak evaporator tersebut. Evaporator pada mobil biasanya terletak di bagian bawah atau belakang dashboard. Tapi, tergantung dari jenis dan merk mobil.  Jika evaporator tidak bisa ditemukan, Anda bisa mencari informasi posisinya  pada buku panduan mobil Anda. 

Sumber: Hyundai

3. Buka Evaporator Secara Perlahan

Setelah letak evaporator sudah ditemukan, Anda buka evaporator AC mobil itu dengan perlahan. Anda juga bisa baca buku panduan mobil untuk cara membuka evaporatornya. Setelah evaporator dibuka, Anda cek kondisi filter apakah terdapat kotoran dan debu yang menumpuk atau tidak. Bila kotoran sudah sangat menumpuk di filter maka sebaiknya Anda ganti filter ac tersebut dengan yang baru.

Sumber: Lifepal

Bila hanya sedikit kotoran yang menempel pada filter, maka silahkan Anda bersihkan kotorannya dengan menggunakan alat sikat gigi bekas atau brush yang sudah disiapkan tadi.

4. Siapkan Botol Kaleng Spray Pembersih

Selanjutnya untuk membersihkan evaporator, Anda harus menyiapkan cairan pembersih khusus dalam bentuk spray. Cairan ini dapat dibeli di bengkel ac dengan harga murah. Gunanya cairan ini adalah untuk membersihkan kotoran pada bagian dalam AC mobil.

Sebelum Anda menyemprotkan cairan pembersih ke arah evaporator, kocok  dahulu botol kalengnya supaya isinya tercampur rata. Lalu dekatkan spray pada blower dan semprotkan secara merata.

5. Buka Kaca Jendela dan Ventilasi Mobil

Tahap selanjutnya dalam membersihkan evaporator ac mobil yaitu membuka kaca jendela dan juga ventilasi pada  ac mobil. Hal tersebut dilakukan agar sirkulasi udara masuk kedalam mobil.

Saat ventilasi dibuka, Anda harus pastikan kondisi di sekitar evaporator tidak, agar debu tidak turut masuk kedalam ac yang malah akan dapat membuat evaporator kotor kembali.

6. Hidupkan Mesin Mobil

Selanjutnya hidupkan kembali mesin mobil dan ac akan otomatis menyala. Putar pada suhu paling tinggi dengan tiupan blower paling kencang. Tujuannya untuk merasakan blower berputar maksimal atau tidak.

Jika hembusan angin dari blower masih terasa pelan dan kurang dingin, maka Anda cek kembali filter ac-nya. Jangan lupa matikan mesin mobil kembali dan periksa bagian yang bermasalah.

7. Semprotkan Botol Pembersih ke Evaporator

Bila tiupan blower sudah dirasa kencang, maka selanjutnya Anda semprotkan cairan pembersih di bagian bawah blower. Semprotkan hingga cairan dalam botol habis, agar filter benar-benar bersih.

Saat spray pembersih disemprotkan, awalnya berbentuk foam (busa). Tunggu beberapa saat hingga semua foam menjadi air lalu keluar bersama kotoran dari lubang ventilasi ac mobil.

8. Matikan Kembali Mesin Mobil

Saat air dan kotoran keluar dari lubang ventilasi ac, Anda bisa kembali matikan mesin mobil kira-kira 10 sampai 15 menit atau hingga semua busa dan kotoran keluar dari ventilasi. Pastikan tidak ada air maupun kotoran yang tertinggal  di bagian ventilator.

9. Bersihkan Air yang Keluar Bersama Kotoran dari Ventilasi

Bila dipastikan semua air dan kotoran sudah keluar dari lubang ventilator, maka Anda tinggal membersihkan bagian tersebut dan membuang airnya ke selokan.

10. Hidupkan Kembali Mesin dan Ac Mobil

Selanjutnya hidupkan kembali mesin mobil dan ac. Bila nomor 1-9 Anda lakukan dengan benar, maka  evaporator ac akan bersih sempurna dan hembusan blower pun akan kencang maksimal.  .

Jika Anda ragu untuk membersihkan evaporator sendiri atau Anda tak punya waktu untuk melakukannya, Anda bisa membersihkannya di bengkel terdekat yang menjadi rekanan Montiro.id.

Tips Menjaga Kebersihan AC Mobil

Tanpa disadari para pengendara mobil, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat Ac mobil cepat kotor. Untuk itu, terapkan beberapa tips di bawah ini untuk menjaga kebersihan ac mobil Anda:

Cara Membersihkan AC Mobil yang Benar dan Mudah

1. Jangan Merokok Saat AC Mobil Dihidupkan

Merokok di dalam mobil dengan kondisi ac mobil menyala adalah kebiasaan yang membuat  filter AC cepat kotor. Abu rokok yang berterbangan lalu masuk ke dalam filter kemudian menjadi kotoran yang akan menumpuk di dalamnya. Merokok di dalam mobil ber-ac juga membuat ac menjadi bau, dan kemampuan ac dalam mendinginkan ruangan mobil akan menurun.

2. Jangan Buka Kaca Mobil Saat AC Dihidupkan

Kebiasaan buruk lainnya yang terkadang tidak disadari para pengendara adalah membuka kaca jendela saat ac dinyalakan. Perlu diketahui jendela mobil yang terbuka dalam waktu cukup lama saat ac hidup, akan membuat kompresor ac bekerja lebih keras agar suhu udara dalam mobil tetap stabil.

Tentu saja hal itu tidak baik untuk ac mobil Anda. Karena itu pastikan jendela kaca mobil selalu tertutup bila ac dinyalakan.

3. Jangan Matikan Mesin Mobil Saat AC Masih Hidup

Banyak para pengendara yang lalai akan hal ini. Mematikan mesin mobil tapi lupa mematikan ac-nya, entah sengaja karena masih ada orang di dalam mobil tersebut atau lupa karena buru-buru ingin keluar dari dalam mobil. Bila hal ini dilakukan terlalu sering, maka bukan hanya ac mobil yang cepat kotor  tapi kompresornya juga akan cepat rusak.

4. Gunakan Pewangi Mobil yang Tepat

Menggunakan pewangi mobil yang salah atau tidak tepat akan membuat ac cepat kotor. Saat memilih pewangi untuk mobil jangan fokus pada keharumannya saja, namun juga pastikan keamanannya saat digunakan dalam mobil Anda.

Pilihlah pewangi mobil dengan bentuk cair jangan gel. Karena pewangi berbentuk gel tidak dapat menjadi gas, melainkan akan menguap. Bila terkena hawa dingin dari ac, maka uap tersebut akan berubah lagi menjadi gel dan mengendap di filter, sehingga akan menghambat evaporator dalam ac.

5. Jaga Kebersihan Ruangan Mobil

Tips menjaga kebersihan ac mobil yang terakhir adalah menjaga kebersihan kabin atau ruangan mobil. Jangan biarkan kabin dalam kondisi kotor dengan debu ataupun sampah. Membersihkan ruangan mobil bukan hanya untuk menjaga kebersihan ac mobil itu sendiri tapi juga untuk kesehatan dan kenyamanan selama perjalanan di dalam mobil.

image-iklan